Senin, 27 September 2010

PELAYANAN, KEPUASAN, DAN ANGGAPAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK SUATU MAKANAN

TEMA : MUTU PADA PRODUK SUATU MAKANAN

PENGARANG
1. Agyl Satrio Hutomo
2. Mashadi
3. 1Etty Roswitha Ariyani

PELAYANAN, KEPUASAN, DAN ANGGAPAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK SUATU MAKANAN

PENDAHULUAN
Melihat kondisi sekarang ini yaitu zaman yang penuh dengan persaingan yang ketat baik dalam dunia kerja, usaha, perdagangan, maupun pemasaran yang sedemikian rupa bentuknya. Kita sebagai penerus bangsa harus mempunyai ide-ide yang kreatif, inovasi-inovasi yang dapat dikembangkan untuk dapat mempertahankan usaha yang kita punya.
Dalam hal ini dalam mendirikan suatu usaha atau perusahaan tidaklah mudah. Karena ada saja masalah-masalah yang muncul baik dalam perusahaan maupun dari luar perusahaan. Oleh karena itu perusahaan harus dapat mengambil keputusan yang baik dalam menghadapi suatu permasalahan yang di hadapi.
Pada dasarnya setiap perusahaan mempunyai tujuan untuk menjual produk-produknya dengan berbagai strategi yang dimilikinya. Misalnya saja dalam hal penjualan, pemasarannya, kualitas, pelayanan yang dapat diterapkan suatu perusahaan dengan cara yang berbeda.
Dan di dalam masyarakat yang modern ini dengan aktivitas yang padat. Khususnya pada daerah perumahan, perkantoran, dan sekolah. Kita harus bisa memutar otak untuk memikirkan usaha apa yang harus kita jalani.
Hal ini kita bisa mengambil usaha dalam produk makanan, misalnya saja mendirikan rumah makan dengan wisata kuliner yang beragam dan mempunyai nama yang unik. Mobilitas kegiatan ini berdampak pada semakin banyak masyarakat melakukan aktivitasnya di luar rumah. Khususnya pada kalangan pelajar, karyawan, dan mahasiswa. Yang mana sebagian besar dari mereka lebih suka mencari jenis makanan yang enak, murah dan citra yang bagus, misalnya dalam kualitas produk dan pelayanan yang dimiliki rumah makan sehingga tercipta kepuasan dalam diri konsumen.
Hal ini disesuaikan dengan kelompok masyarakat dengan ekonomi yang cukup, cenderung memilih jenis makanan ringan yang murah sesuai dengan kondisi keuangan mereka. Selain itu banyak sekali jenis ukm makanan yang ditawarkan dan beraneka ragam jumlahnya, serta mengakibatkan timbulnya daya beli terhadap jenis makanan tersebut.
Demikian juga dalam mengambil keputusan mengenai alternative pilihan jenis usaha makanan ringan, para pemilik modal akan mempertimbangkan berbagai faktor dalam menjalankan usahanya. Faktor tersebut diantaranya meliputi kualitas produk, pelayanan, kepuasan konsumen dalam memberikan kepuasan tersendiri terhadap pembeli. Sehingga dapat menghasilkan informasi yang di dapat dari para konsumen.

Masalah Penelitian

1. Apakah kualitas yang dimiliki mempunyai pengaruh positif terhadap minat pelanggan.
2. Apakah kualitas produk, kepuasan konsumen secara bersama mempunyai pengaruh yang berarti terhadap minat pelanggan.
3. Apakah pelayanan yang dimiliki dapat memberikan informasi yang baik bagi pelanggan.
4. Apakah anggapan konsumen mempunyai pengaruh positif terhadap minat pelanggan

TUJUAN PENELITIAN

1. Untuk menganalisis tentang pengaruh kualitas produk terhadap minat pelanggan
2. Untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, dan kepuasan konsumen secara bersama-sama terhadap pelanggan.
3. Untuk menganalisis pelayanan yang dimilika terhadap minat pelanggan.
4. Untuk menganalisis suatu anggapan konsumen terhadap suatu produk.

LATAR BELAKANG

Konsumen merupakan aset yang tidak bisa ternilai bagi sebuah usaha produk atau jasa. Hal ini disebabkan adanya konsumen sebagai pihak yang membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh jenis usaha makanan tersebut, agar produknya disenangi oleh konsumen maka produk yang dihasilkan harus dibuat menarik dalam pengemasannya. Dan haarus mempunyai pelayanan yang baik pula dalam suatu produk . sehingga menghasilkan informasi yang efektif bagi pelanngan.
Kotler (1997), kepuasan konsumen adalah perasaaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (hasil) sesuatu produk dengan harapannya. Dalam persaingan yang semakin ketat diantara usaha makanan saat ini. Khususnya makanan ringan, maka peningkatan kepuasan konsumen menjadi prioritas utama dimana kualitas produk dan kepuasan produk harus diperhatikan guna tercapainya laba usaha yang meningkat dan minat kosumen yang tinggi.
Atas dasar uraian tersebut menggambarkan bahwa kualitas produk, pelayanan, kepuasan konsumen merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi terciptanya minat konsumen terhadap suatu produk dengan informasi yang akurat.

KEPUASAN KO






METODE PENELITIAN

1. Teknik Penarikan Sampel
Metode penarikan sampel dalam penelitian ini adalah dengan metode simple random sampling, yaitu teknik sampling dimana peneliti mempunyai pilihan pribadi dalam memilih individu yang akan menjadi anggota sampel.
2. Besaran Sampel
Besaran sampel merupakan banyaknya individu, subjek atau elemen dari populasi yang diambil sebagai sampel. Berikut ini rumus yang dapat digunakan untuk mengetahui jumlah
sampel minimal untuk sebuah penelitian
Rumus untuk mengetahui jika ukuran populasinya besar, artinya ukuran sample yang akan diperoleh besarnya kurang dari 5% populasi (Subyantoro dan Sulistiyono, 1998). Adapun rumusnya adalah sebagai berikut:
n = Z² _ / 2_ ( 1 – _ )
€²
Nilai € terbesar jika € = _ (1 – _) adalah 0,5 (1 – 0,5) = 0,25
KUALITAS
PRODUK (X1)
KEPUASAN
KONSUMEN (X2)
LOYALITAS
PELANGGAN (Y)
Nilai level of significance pada confidence level 95% adalah 1% dan kemungkinan kesalahan sampel (sample error ) ditetapkan 10%, maka nilai n adalah:
n = Z² _ / 2_ ( 1 – _ )
€²
n = Z² _ / 2_ ( 0,25 )
€²
n = Z² _ / 2
4 €²
n = 1,96 ²
4 ( 0,10 )²
n = 96,04
Sehingga mengacu pada rumus di atas maka sampel minimal pada penelitian ini adalah 96 responden.
b. Besarnya sampel minimum untuk penelitian deskriptif adalah sebanyak 100 responden.
Berdasarkan pertimbangan rumus dan pendapat di atas, maka ditetapkan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden.

Variabel Penelitian

Variabel adalah suatu konsep yang mempunyai variasi nilai dengan klasifikasi tertentu dan dapat pula diartikan segala sesuatu yang akan dijadikan obyek pengamatan penelitian. Sugiyono (2003:32) menyatakan bahwa variabel penelitian adalah suatu atribut dari obyek atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan ditarik kesimpulannya. Dalam penelitian ini variabel yang akan diteliti adalah variabel bebas/independen (X) yaitu variabel yang menjadi sebab terjadinya/terpengaruhnya variabel dependen (Umar, 2002:129) dan variabel terikat/dependen (Y) yaitu variabel yang nilainya dipengaruhi oleh variabel independen (Umar, 2002:45). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah keandalan, ketanggapan, keyakinan, empati, keberwujudan, kualitas pelayanan dan variabel terikatnya adalah Kepuasan konsumen.

HASIL DAN PEMBAHASAN
Dari pernyataan di atas kita harus mengetahui terlebih dahulu data yang kita perloleh. Sehingga tidak sembarang data kita masukan kedalam pembahasan ini. Agar menjadi pembanding dan dapat kita menggunakan rumus yang ada.

KESIMPULAN

1. Kualitas produk akan mempunyai pengaruh positif jika data yang kita ambil sesuai dengan produk yang kita hasilkan
2. Pelayanan konsumen akan mempunyai pengaruh postif jika data yang diperoleh sesuai dengan tanggapan pelanggan.
3. Kualitas produk dan kepuasan pelanggan akan terjadi secara bersama jika ada suatu respon dari pelanngan

SARAN
1. Jika kita ingin mendirikan suatu usaha harus memikirkan factor-faktor apa saja yang menjadi hal utamanya
2. Kualitas, pelayanan, konsumen merupakan hal yang paling penting dalam mendirikan usaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar