Sabtu, 26 Februari 2011

Menggunakan kalimat bentuk aktif dan pasif dengan memperhatikan ketetapan bentuk dan strukturnya (tulisan)

Menggunakan kalimat bentuk aktif dan pasif dengan memperhatikan ketetapan bentuk dan strukturnya.
Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini:
1. a. Kami tegaskan bahwa kami bersedia mengadakan kesepakatan.
b. Kami menegaskan bahwa kami bersedia mengadakan kesepakatan.
2. a. Apakah belum kamu ketahui bahwa tes sumatif akan segera berlangsung?
b. Kami mengetahui bahwa tes sumatif akan segera berlangsung.
3. a. Persoalannya saya serahkan kepada ketua OSIS.
b. Saya menyerahkan persoalan itu sepenuhnya kepada ketua OSIS.
Masih sering dikacaukan bentuk-bentuk kalimat 1a, 2a, 3a dengan kalimat 1b, 2b, dan 3b. Bila pertanyaan diajukan: apa subjek dari kalinat-kalimat di atas, banyak yang menjawab: kami (kalimat 1a dan 1b), kamu (kalimat 2a dan 2b), saya (kalimat 3a dan 3b). Apa benar demikian?
Untuk kalimat no. 1b, 2b, dan 3b memang benar. Sedang untuk kalimat 1a, 2a, dan 3a:kami, kamu dan saya bukan subjek. Mari kita telaah lebih lanjut.

Bentuk kalimat pasif
Kalimat pasif secara tradisional dapat dinyatakan dengan:
1. ku, kau di
Telah kuterima kiriman buku itu.
Telah kauterima kiriman buku itu.
Telah diterimakiriman buku itu.

2. saya, engkau, dia
Keterangan pemerintah telah saya pahami.
Keterangan pemerintah telah engkau pahami.
Keterangan pemerintah telah dia pahami.
(bentuk yang berakhir ini tidak baku)
3. perfiks ter-
Pengumuman tertulis besar-besar di papan tulis.
Bentuk no.1 dan no.2 pada hakekatnya sama juga. Hanya saja bentuk no.1 merupakan bentuk ringkas: ku dari aku, kau dari engkau, dan di (secara teoritis) dari dia.
Bentuk no.2 menimbulkan variasi sehingga kita jumpai kalimat-kalimat:
Keterangan pemerintah telah kami pahami.
Keterangan pemerintah telah kamu pahami.
Dari uraian di atas jelas bahwa bentuk-bentuk seperti saya pahami, engkau pahami, kami pahami, dan kamu pahami merupakan bentuk pasif. Oleh sebab itu harus benar-benar dibedakan dengan bentuk saya memahami, engkau memahami, kami memahami, dan kamu memahami, yang merupakn bentuk aktif.
Hubungan antara saya, engkau, kami, kamu dengan kata kerja yang mengikutinya dalam bentuk pasif sangat erat. Seperti halnya hubungan antara ku, kau di dengan kata kerja yang mengikutinya. Hubungan itu sangat erat dan tidak dapat dissipkan suatu kata pun diantaranya, termasuk kata-kata penunjuk aspek yang sering kita jumpai dalam kebahasan sehari-hari. Masalah inilah yang sering dilupakan, sehingga tidak heran kita jumpai kalimat-kalimat seperti:
Saya telah katakana hal itu kepadanya.
Kamu belum tuliskan nama pada kertas ujianmu
Kami akan jelaskan kejadian itu nanti.
Kalimat itu harus diubah menjadi:
Telah saya katakana hal itu kepadanya.
Belum kamu tuliskan nama pada kertas ujianmu.
Kejadian itu akan kami jelaskan nanti.
Bagaimana pendapat anda dengan kalimat di bawah ini:
Pemerintah telah umumkan bahwa libur semester akan jatuh pada pertengahan bulan Desember.
Tentu anda berpendapat bahwa kalimat itu salah. Dan memang benar. Kalimat itu harus diperbaiki menjadi:
Pemerintah telah mengumumkan bahwa libur semester akan jatuh pada pertengahan bulan Desember (kalimat aktif)
Atau
Telah diumumkan oleh pemerintah bahwa libur semester akan jatuh pada pertengahan bulan Desember (kalimat pasif)
Suatu hal lagi perlu diperbincangkan di sini ialah bentuk pasif pelaku pertama tunggal (saya…), pasif pelaku pertama jamak (kami…) dan pasif pelaku kedua (kamu…).
Novel Salah Asuhan telah dibaca oleh saya.
Tugas kelompok telah dikerjakan oleh kami.
Apakah telah dicatat oleh kamu keterangan tadi?
Pada contoh-contoh ini kita lihat penggunaan kalimat pasif dibaca oleh saya, dikerjakan oleh kami, dicatat oleh kamu, yang merupakan gabungan bentuk pasif pelaku ketiga (dengan di) dengan bentuk pasif pelaku kesatu (dengan saya dan kami) dan bentuk pasif pelaku kedua (dengan kamu). Dengan sendirinya: dibaca oleh saya, dikerjakan oleh kami, dan dicatat oleh kamu merupakan bentuk yang rancu, yang harus dihindari. Kalimat di atas di perbaiki menjadi:
Novel Salah Asuhan telah saya baca.
Tugas kelompok telah kami kerjakan.
Apakah telah kamu catat keterangan tadi?

Sumber : GANECA EXACT BANDUNG
Karangan: Dra.Suparni
NAMA : WISDA APRIANA
KELAS : 3EA10
NPM : 11208294

Tidak ada komentar:

Posting Komentar