Selasa, 23 November 2010

BAB III Metode Riset

BAB III

Metodologi
Dalam melakukan penelitian ini data yang diperoleh adalah melalui studi lapangan., dengan data primer. Yaitu dengan memberikan quisioner atau pertanyaan-pertanyaan kepada 100 responden.
Dengan objeknya adalah mahasiswa, pelajar, dan kalangan pekerja yang terdapat pada wilayah tersebut.
Dalam penelitian ini pun pengambilan sampel, menggunakan jenis sampel random karena dengan menggunakan jenis ini kita dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini.

Variabel yang digunakan
Pada penelitian ini variabel yang digunakan adalah dengan menggunakan varibel bebas (X) dan Varibel terikat (Y). yang mana dengan menggunakan jenis variabel ini kita dapat memgetahui apakah pada vaeriabel bebas terdapat pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikatnya.
• Variabel yang dapat dijadikan variabel bebas
- Motivasi (X1)
- Persepsi (X2)\
- Sikap (X3)
- Pembelajaran (X4)
Variabel terikat (Y) keputusan membeli
Y = X1+X2+X3+X4
Keputusan membeli = motivasi+persepsi+sikap+pembelajaran
• Variabel yang dapat dijadikan variabel bebas
- Kualitas pelayanan (X1)
- Keandalan (X2)
- Ketanggapan (X3)
- Keyakinan (X4)
- Empati (X5)
- Keberwujudan (X6)
Variabel terikat (Y) kepuasan konsumen
Y = X1+X2+X3+X4+X5+X6
Kepuasan konsumen = kualitas pelayanan+keandalan+ketanggapan+keyakinan
+empati+keberwujudan

Model penelitian
Dalam melakukan penelitian ini, menggunakan model peneltian regresi linear. Yang mana kita dapat mengetahui hubungan antara variabel bebas dan variabel terikatnya. Berikut adalah bentuk bagan atau hasil dari regresi linear :
Tabel Regresi 1
Variabel Uji F Uji T R Adj R
F hitung F
tabel F
Sig T hitung T tabel t Sig.



38.231


2.650


0.000


1.972


0.663


0.428
Motivasi 2.106 0.036
Persepsi 5.675 0.000
Sikap 3.917 0.000
Pembelajaran 2.981 0.003

Dapat dikatakan bahwa setiap variabel mempunyai pengaruh yang signifikan apabila t-hitung lebih besar dari nilai t-tabelnya. Dan dapat dilihat bahwa pada masing-masing variabel mempunyai nilai t-hitung (2.106, 5.675, 3.917, 2.981) lebih besar dari nilai t-tabelnya sebesar 1.972 yang artinya ke empat variabel (motivasi, persepsi, sikap, pembelajaran) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli.

Tabel 2
Estimate p
Kualitas pelayanan .937 .000
Keandalan .277 .002
Ketanggapan -.113 .159
Keyakinan .115 .192
Empati .235 .001
keberwujudan .131 .056

Dapat dikatakan bahwa variabel mempunyai pengaruh yang signifikan apabila nilai p lebeih kcil dari 0.05. dan variabel yang mempunyai nilai p lebih kecil dari 0.05 adalah kualitas pelayanan = 0.000, keandalan = 0.002, dan empati = 0.001 yang artinya bahwa ke tiga vaariabel tersebut mempunyai pengaruh yamg signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar